Tentang Fisika . . . .

Fisika adalah cabang sains yang mempelajari materi (matter), energi, ruang, dan waktu. Sebelum akhir abad ke 19, cabang sains ini lebih dikenal dengan nama “filsafat alam” (natural philosophy, dari bahasa Yunani “physikos”).

Bisa dikatakan, fisika merupakan sains murni yang paling dasar (basic). Temuan dari fisika pun menjalar dan mempengaruhi cabang sains lainnya. Tidak heran, karena fisika banyak mengulik materi dan energi yang pada hakekatnya merupakan penyusun dasar (basic constituents) alam.

Sir Isaac Newton . . . .

Percepatan (a) yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada benda adalah sebanding dengan gaya (F) itu, searah dengan gaya itu, dan berbanding terbalik dengan massa kelembaman (m) benda itu.

Sabtu, 18 Desember 2010

INTEGRASI NILAI-NILAI BUDAYA & KARAKTER BANGSA


Langkah-langkah Pengintegrasian dalam Mata Pelajaran
(dalam Skenario /Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran)
Pengembangan nilai-nilai pendidikan budaya dan karakater bangsa diintegrasikan dalam setiap pokok bahasan dari setiap mata pelajaran. Nilai-nilai tersebut dicantumkan dalam silabus dan RPP. Pengembangan nilai-nilai itu dalam silabus ditempuh melalui cara-cara berikut ini:
a. mengkaji Standar Komptensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) pada Standar Isi (SI) untuk menentukan apakah nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang tercantum itu sudah tercakup di dalamnya;
b. menggunakan tabel 1 yang memperlihatkan keterkaitan antara SK dan KD dengan nilai dan indikator untuk menentukan nilai yang akan dikembangkan;
c. mencantumkankan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dalam tabel 1 itu ke dalam silabus;
d. mencantumkan nilai-nilai yang sudah tertera dalam silabus ke dalam RPP;
e. mengembangkan proses pembelajaran peserta didik secara aktif yang memungkinkan peserta didik memiliki kesempatan melakukan internalisasi nilai dan menunjukkannya dalam perilaku yang sesuai; dan
f. memberikan bantuan kepada peserta didik, baik yang mengalami kesulitan untuk menginternalisasi nilai maupun untuk menunjukkannya dalam perilaku.

3 komentar:

  1. Selama ini, sejatinya Nilai-nilai budaya & karakter ini telah sama-sama kita integrasikan dalam Mata Pelajaran yg qt ampuh, namun belum tersurat dalam kegiatan pembelajaran (Lesson Plan).

    BalasHapus
  2. Nilai-nilai budaya n karakter emang perlu tersurat supaya ada rambu-rambu karakter apa yang akan diterapkan pada kegiatan pembelajaran qta...

    BalasHapus
  3. sebenarnya yang di maksud dengan integrsi pendidikan tu yang seperti apa????

    BalasHapus